Cara Mengobati Bintitan Pada Kelopak Mata

Cara.Balbol.com - Bintitan atau yang biasa di sebut dengan tilbilan adalah benjolan yang terdapt di mata, dan cara mengobati mata Bintitan atau Timbilen secara alami itu sangatlah mudah.

Cara Mengobati Bintitan Pada Kelopak Mata
Cara Mengobati Bintitan Pada Kelopak Mata

Sebenyarnya penyakit ini tidak terlalu diwaspadi dan tidak usah ke dokter karena bisa sembuh sendiri antara 7-20 hari, tentunya setelah benjolan semakin membesar dan pecah dengan sendirinya. Untuk itu sebaiknya kamu tunggu saja sampai benjolan tersebut pecah dengan sendirinya. Ingat, jangan memecahkan benjolan Bintitan karena itu akan memperparah infeksi dan resiko komplikasi akan semakin besar. Apabila jika lokasinya di kelopak mata bagian atas, karena pembuluh darah berada di area tersebut berukuran besar. Jika itu kamu lakukan maka nanah bisa masuk ke dalam pembuluh darah itu beresiko terjadi penyebaran yang bisa menyebabkan komplikasi.

Cara Mengobati Bintitan pada Kelopak Mata


Mengatasi Bintitan pada kelopak mata dengan Kompres hangat

Langkah pertama adalah dengan rutin melakukan kompres hangat pada area benjolan yang terasa sakit. Cara ini bertujuan untuk mempercepat keluarnya nanah, atau bisa di gunakan mengempeskan area benjolan dan meredakan rasa sakit akibat Bintitan tersebut.  Caranya ambil 2-3 lembar kapas kosmetik yang dibasahi air hangat, peras kapas lalu tempelkan pada area kelopak mata yang Bintitan selama 3-5 menit, lakukan secara berulang.

Mengobati Timbilen atau Bintitan dengan Bawang Putih

Selain cara itu kamu juga dapat menyembuhkan mata Bintitan dengan bawang putih. Ini dikarena bawang putih mengandung senyawa antibakteri, yang dipercaya juga dapat membasmi bakteri penyebab mata Bintitan. Caranya oleskan bawang putih yang telah ditumbuk pada area yang mengalami Bintitan, tetapi harus hati-hati jangan sampai terkena mata. Cara ini lebih efektif tetapi menimbulkan rasa panas perih pada bagian benjolan akibat Bintitan.

Mengobati Bintitan pada kelopak mata dengan daun sirih

Cara selanjutnya untuk mengobati mata bintitan yaitu menggunakan daun sirih. Daun sirih sudah terbukti dapat mengobati berbagai jenis sakit mata, termasuk mata Bintitan. Hal ini karena daun siri mengandung antibakteri sama halnya seperti bawang putih. Caranya dengan mengoleskan getah dari tangkai daun sirih secara langsung pada area kelopak mata yang Bintitan.

Mengobati Bintitan pada kelopak mata dengan Kunyit

Kunyit merupakan baham herbal yang sudah terbukti mampu pembunuh bakteri. Kunyit mengandung antiseptik (antibakteri), anti-inflamasi , antijamur, antialergi alami yang aman digunakan dan memiliki banyak manfaat dalam mengatasi berbagai penyakit kulit, termasuk Bintitan yang disebabkan oleh bakteri. Caranya siapkan satu ruas kunyit lalu di parut lalu oleskan pada kelopak mata yang mengalami Bintitan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mwngobati bintitan atau timbilen pada kelopak mata. Selamat Mencoba.

Sumber :
What is a Stye https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/best-stye-remedies
Chalazion and Hordeolum (Stye) https://www.msdmanuals.com/professional/eye-disorders/eyelid-and-lacrimal-disorders/chalazion-and-hordeolum-stye
How To Get Rid Of A Stye https://www.allaboutvision.com/conditions/how-to-get-rid-of-a-stye.htm

0 Response to "Cara Mengobati Bintitan Pada Kelopak Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel