10 Cara Mengobati Luka Bakar dengan Aman [Ampuh]

Cara.Balbol.com - Untuk mengobati luka bakar sebenarnya ada banyak cara dan beberapanya akan kita bahas bersama-sama. Hampir seluruh orang pasti pernah mengalami hal ini, dari luka bakar berat ataupun luka bakar ringan yang disebabkan terkena percikan api atau yang lainnya.

10 Cara Mengobati Luka Bakar dengan Aman [Ampuh]

Biasanya kulit yang mengalami luka bakar akan melepuh, memerah atau membengkak dan biasanya akan muncul cairan didalam kulit yang mengalami luka bakar tersebut. Luka bakar mungkin dianggap sepele oleh beberapa orang, sedangkan jika kita cermati luka bakar termasuk luka yang serius loh, karena banyak kasus yang terjadi pada kulit yang mengalami luka bakar akan susah pulih bahkan ada yang tidak bisa pulih seperti kondisi semula. Meski ini bisanya dikarenakan rusaknya jaringan pada kulit sehingga jaringan pada kulit tidak bisa pulih seperti kondisi semula.

Pada artikel kali ini kita akan membahas persoalan luka bakar tersebut, namun kita akan batasi topik mengenai luka bakar kali ini cuma pada cakupan luka bakar ringan yang bisa dituntaskan sendiri secara natural dan cepat.

Sebelum kita bahas mengenai sistem mengatasi dan mengobati luka bakar, baiknya kita juga perlu mengetahui apa – apa saja yang bisa menyebabkan luka bakar. Berikut penyebab luka bakar :

Cara Mengobati Luka Bakar dengan Mudah


Mentimun dan Kentang

Ambil sepotong mentimun dan sepotong kentang dengan bagian perbandingan yang sama. Kupas dan cuci bersih. Haluskan dengan blender. Oleskan pada badan atau luka bakar.
Campuran mentimun dan kentang meresap panas dalam kulit dengan bagus. Kentang mengandung anti peradangan. Kadar air yang terkandung dalam mentimun akan membikin kulit anda dingin dan luka bakar membaik. Biarkan pada kulit yang trebakar sampe mongering, Lalu bilas dengan ir dingin.

Lemon

Peras sari lemon, campur dengan sedikit air. Oleskan pada kulit yang terbakar (cahaya sang surya). Ekstrak lemon bermanfaat sebagai vitamin C natural yang betul-betul cepat menyembuhkan kulit terbakar.

Lidah Buaya

Ambil sebatang Lidah buaya, ambil bagian dagingnya. Lidah buaya ini  bisa dipakai secara aman pada kulit yang terkena luka bakar. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar. Lidahbuaya sanggup meredam panas dan sakit luka bakar, sehingga luka bakar cepat pulih dan membaik. Atau bisa anda haluskan (blender), lalu aplikasikan pada kulit luka bakar.

Baking Soda

Cukup campur 3-4 sdm baking soda dengan air. Rendam kapas dalam larutan baking soda. Kompres luka bakar anda dengan larutan baking soda. Diamkan 5-10 menit. Bilas dengan air dingin.

Tomat dan Stroberi

Ambil tomat dan stroberi dengan perbandingan yang sama. Cuci bersih dan blender. Oleskan krim natural ini pada kulit luka bakar. Selain cocok untuk meredam sakit kemerahan pada kulit yang terpapar sengatan sang surya. Kandungan air dan vitamin C natural campuran tomat stroberi sanggup meredam luka bakar sengatan sang surya, mencegah kulit meradang dan menutrisi dari luar.

Susu atau Yoghurt

Apliaksikan susu cair murni atau yoghurt plain untuk mengompres kulit yang terbakar sang surya. Biarkan selama beberpaa menit, lalu bilas dengan air dingin. Susu atau yoghurt ini juga akan bersifat mengembalikan kulit cerah yang hitam karena terbakar cahaya sang surya.

Teh Celup

Perawatan ini bisa betul-betul menolong untuk luka bakar sang surya di area mata. Metode anda berlibur dipantai, lupa memakai kacamata hitam pasti akan rentan terkena luka bakar di area mata. Rendam kantong teh celup dalam air dingin selama beberapa menit, dan kemudian kompreskan kantong the celup untuk luka bakar di area mata. Asam tannic dalam teh bisa menolong meringankan rasa sakit terbakar cahaya sang surya.

Menggunakan Putih Telur

Putih telur bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka bakar, caranya adalah dengan mencampurkan putih telur dengan madu, kemudian aduk ramuan ini sampai merata. Oleskan ramuan ini pada bekas luka bakar anda, lakukan dengan teratur sampai bekas luka bakar hilang. Ramuan ini bisa juga dipakai untuk menghilangkan flek-flek hitam pada muka.

Baca Juga : Manfaat Telur untuk Kesehatan

Menggunakan Ampas Teh

Teh yang telah anda gunakan bisa anda manfaat untuk menghilangkan bekas luka bakar, caranya adalah dengan menggosok bekas luka bakar dengan ampas teh (teh yang telah dipakai), lakukan sistem ini dengan teratur minimal 2 kali dalam seminggu.

Menggunakan Buah Paree

Ambil buah paree dan tumbuh sampai halus untuk diambil sarinya, kemudian campurkan dengan beras sampai berbentuk krim. Kemudian basuh bekas luka bakar dengan air hangat, dan oleskan ramuan buah paree ini pada bekaks luka.

Banyak bangetkan bahan-bahan yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati luka bakar. Pesan dari saya selalu berhati-hati dalam segala hal termasuk bermain dengan api ya. Sekian artikel Cara mengobati luka bakar semoga bermanfaat.

Sumber :
Bleeding Cuts or Wounds https://www.webmd.com/first-aid/bleeding-cuts-wounds
What is an open wound https://www.healthline.com/health/open-wound
Wounds - how to care for them https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/wounds-how-to-care-for-them

0 Response to "10 Cara Mengobati Luka Bakar dengan Aman [Ampuh]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel