6 Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi Secara Alami

Cara.Balbol.com - Sariawan adalah penyakit yang berada di bibir, sariawan tidak hanya di alami oleh orang dewasa saya tetapi sariawan bisa dialami pada bayi. Lalu bagaimana mengenali Sariawan Pada Bayi?

6 Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi Secara Alami
6 Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi Secara Alami

Jika menurut Dr Oz Indonesia, untuk mengerti bahasa bayi tidaklah terlalu sulit. Apabila bayi sesudah menyusui dan menangis, maka perlu diperhatikan bahwa ada masalah pada mulutnya, lihat mulut atau bibir bayi jika terdapat bintik-bintik maka harus segera di obati.

Ada beberapa obat sariawan yang aman digunakan untuk bayi dan justru dianjurkan oleh banyak tenaga kesehatan. Namun masih banyak ibu yang masih belum mengetahuinya karena minimnya informasi dan jarangnya pembahasan seputar hal ini di internet. Obat – obat tersebut antara lain adalah :

  • Yogurt
  • Pisang dan madu
  • Minyak kelapa (VCO)
  • Baking soda
  • Air kelapa
  • Air garam


Untuk info lebih jelasnya mari kita simak tata cara pemakaian yang baik untuk mengatasi sariawan pada bayi.


6 Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi Secara Alami


1.   Yogurt

Obat sariawan untuk bayi yang pertama ialah yogurt. Anda dapat menggunakan bahan ini sebagai obat luar maupun obat dalam. Untuk bayi berusia > 10 bulan, yogurt aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan diare, sehingga Anda dapat memberikannya pada bayi Anda. Walaupun untuk bayi yang berusia < 10 bulan, Anda sebaiknya menggunakan yogurt sebagai pengendali populasi jamur Candida penyebab sariawan dengan sistem menempelkannya pada bagian bibir yang sariawan menggunakan kapas butih.

2.   Pisang dan Madu

Untuk menuntaskan sariawan pada bayi, Anda juga dapat menggunakan pisang dan madu sebagai obatnya. Obat sariawan untuk bayi yang satu ini kecuali aman, juga cukup mudah dihasilkan. Lumatkan pisang matang dan campurkan madu secukupnya sehingga bertekstur seperti pasta. Oleskan pasta tersebut pas di sekitar bagian yang terserang sariawan. Ulangi pemberian pasta ini 2 kali sehari hingga sariawan si bayi mulai mengering.

3.   Minyak Kelapa Atau VCO

Minyak kelapa dan VCO mengandung asam kaprilat, suatu asam yang menolong melawan infeksi jamur penyebab sariawan. Anda dapat menggunakan bahan satu ini sebagai obat sariawan untuk bayi Anda dengan sistem memakainya ke tempat bibir yang terserang menggunakan kapas bersih. Anda juga dapat mengoleskan minyak kelapa atau VCO pada puting sebelum menyusui bayi.
6 Obat Tradisional Untuk Sariawan Pada Bayi

4.   Air Kelapa

Air kelapa juga mengandung asam kaprilat. Oleh karena itu, jikalau sariawan terjadi pada bayi yang usianya di atas 6 bulan, Anda juga dapat mencoba memanfaatkan kandungan ini. Air kelapa telah diketahui sebagai obat mujarab untuk panas dalam dan sariawan. Minumkan sebagian sendok air kelapa untuk menolong menuntaskan sariawan pada bayi Anda.

5.   Baking Soda

Baking soda bersifat basa. Sifat ini amat tidak disukai jamur Candida si penyebab sariawan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan sifat ini sebagai pengusir sariawan pada bayi Anda. Walaupun akan memunculkan rasa perih pada bayi, tapi pengobatan sariawan menggunakan baking soda telah ternyata ampuh dan sayang jikalau disia – siakan.

Untuk cara menerapkan obat sariawan untuk bayi satu ini cukup mudah. Anda dapat menempelkan pasta soda (dihasilkan dengan mencampurkan 1 sendok pasta dengan air secukupnya), kemudian menempelkannya pada puting sebelum menyusu. Menggunakan kapas bersih untuk menolong menempelkan pasta pada sariawan bayi juga dapat dikerjakan jikalau bayi masih tidak mau menyusu.

6.   Air Garam

Jamur Candida tidak menyukai keadaan salinitas yang tinggi. Sifat ini dapat Anda gunakan untuk menuntaskan sariawan pada bayi. Caranya ialah dengan meningkatkan salinitas tempat sekitar sariawan menggunakan air garam. Ambil kapas putih, celupkan pada air garam, kemudian lekatkan pada bibir atau rongga mulut bayi yang terserang sariawan. Lakukan 3 kali sehari sehabis mandi dan lihatlah perubahannya. Baca juga : Manfaat Air Garam untuk Mencegah Gusi Bengkak

Itulah sebagian obat tradisional sariawan yang aman digunakan untuk bayi. Anda dapat menggunakan beberapa cara di atas untuk pengobatan pada bayi Anda, namun bayi anda mungkin akan menangis karena rasa perih yang ditimbulkannya, Anda tidak usah kuatir. Tangisannya akan terhenti dalam beberapa waktu, ketika seperti halnya jamur penyebab sariawan yang ikut serta mati. Selamat Mencoba.

Sumber :
NHS. (2016). Breastfeeding and thrush – Pregnancy and baby guide – NHS Choices. [online] Available at: http://www.nhs.uk/Conditions/pregnancy-and-baby/Pages/breastfeeding-and-thrush.aspx

Baby Center. (2016). Breastfeeding and thrush. [online] BabyCenter. Available at: http://www.babycenter.com.au/a8486/breastfeeding-and-thrush

0 Response to "6 Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel