Inilah 11 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Cara.Balbol.com - Cengkeh merupakan jenis rempah-rempah yang banyak dipakai di dunia, baik untuk masakan maupun sebagai obat herbal. Cengkeh sudah diketahui semenjak abad ketiga sebelum Masehi, pada jaman Dinasti Han cengkeh dipakai untuk menyegarkan nafas dengan cara mengunyahnya.

Inilah 11  Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan
Inilah 11  Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Selama masa abad pertengahan, cengkeh sudah banyak diperjual belikan terutama oleh pelaut-pelaut muslim di Timur Tengah. Pada jaman modern, cengkeh pertama kali ditemukan di Maluku. Menurut sejarah, sudah ditemukan tanaman cengkeh tertua di Ternate Maluku, yang berusia kurang lebih 400 tahun. Kemudian tanaman hal yang demikian menyebar ke segala dunia dikala jaman penjajahan. Para penjajah Belanda mengekspor cengkeh ke bermacam-macam penjuru dunia. Kecuali di Indonesia, cengkeh juga banyak di produksi di India, Madagaskar, Pakistan, Sri Lanka dan Tanzania.

Komponen pohon cengkeh yang bisa dimanfaatkan merupakan bunga, daun, batang dan terutama kuncup bunga keringnya. Melainkan cengkeh sering kali diasosiasikan dengan kuncup bunga keringnya saja. Kuncup bunga kering bisa kita temui dalam format utuh, bubuk, minyak dan olahan makanan seperti roti kukis. Cengkeh juga banyak dipakai dalam bermacam-macam industri seperti pasta gigi, sabun, parfum, kosmetik dan rokok.

Manfaat cengkeh sebagai tanaman obat herbal bermacam-macam penyakit, sudah tak diragukan kebenarannya, sudah tak menjadi rahasia biasa lagi cengkeh betul-betul ampuh untuk sakit gigi.

Sebagai tanaman yang melimpah di Indonesia, cengkeh menjadi rempah wajib untuk bermacam-macam masakan khas nusantara. Sebagai rempah natural cengkeh juga berguna seperti halnya manfaat kunyit, jahe maupun juga manfaat temulawak yang baik untuk kesehatan.

Inilah 11  Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

1. Mengatasi Mual dan Muntah 

Cengkeh mempunyai bermacam-macam kandungan yang betul-betul ampuh untuk mengatasi mual dan muntah, Minyak cengkeh ampuh untuk mengatasi keluhan mual dan muntah.

2. Melancarkan Pencernaan

Cengkeh dapat mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan, sehingga mereka mengobati muntah, diare, gas usus dan sakit perut. Melainkan pengunaannya wajib dipandang karena mereka mempunyai zat yang cukup kuat sehingga bisa mengakibatkan iritasi lambung.

3. Menyehatkan Jantung

Sudah semenjak lama penyakit jantung menjadi momok menyeramkan penduduk dunia. Kandungan Eugenol pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah yang mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

4. Mengobati Sakit Gigi

Minyak cengkeh sudah dipakai berabad-abad lamanya untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah merupakan dengan menempatkan atau mengoleskan minyak cengkeh hal yang demikian pada lubang daerah sakit gigi. Alhasil betul-betul luar biasa, kandungan zat yang terdapat pada cengkeh diyakini mempunyai sifat antibiotik yang betul-betul ampuh dalam membunuh kuman.

Baca juga :


5. Mencegah Peradangan

Pelbagai zat aktif seperti flavanoid dijumpai pada minyak orisinil cengkeh. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan pada penyakit rematik contohnya. Rasanya yang hangat juga bisa menjadi ekspektoran untuk mengobati bermacam-macam kondisi gangguan saluran pernafasan.

6. Mengatasi Pilek

Apabila kita pilek, ada baiknya kita mencampurkan minyak cengkeh dengan madu lalu meminumnya satu – dua kali sehari untuk memberikan efek hangat.

7. Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Cengkeh adalah salah satu bahan herbal yang bisa menjaga tubuh kita supaya tetap hangat, sama seperti minyak kunyu putih kita hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh ke bagian tubuh kita.

8. Mengatasi Sinusitis

Ada bermacam-macam penelitian yang mengaitkan antara manfaat cengkeh dengan problem sinusitis. Sistem pemanfaatannya merupakan dengan memanfaatkan bubuk cengkeh dan meletakkannya di bagian dalam hidung.

9. Meredakan Batuk

Mengunyah cengkeh bisa menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh gatal yang terdapat di tenggorokan. Rasanya mungkin sedikit getir dan ada pahitnya, namun kandungan kimia dalam cengkeh merupakan ekspektoran natural yang mengencerkan dahak. Meringankan Infeksi Saluran Pernafasan, Cengkeh mempunyai bermacam-macam kandungan antioksidan dan bermacam-macam zat yang bisa menghilangkan rasa sakit serta membunuh kuman yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan.


10. Mengatasi Jerawat

Minyak cengkeh merupakan salah satu herbal yang dari bermacam-macam penelitian betul-betul ampuh untuk menghilangkan jerawat. Caranya betul-betul mudah merupakan dengan mengoleskannya pada daerah jerawat hal yang demikian. Kemungkinan jerawat yang tersebar di wajah bisa dihilangkan dengan membunuh kuman dengan bantuan sifat antimikroba dari minyak cengkeh.

11. Sumber Antioksidan

Minyak esensial cengkeh banyak mengandung mineral, seperti kalium, natrium, fosfor, besi dan vitamin A dan C. Sangat jarang obat herbal yang berbentuk minyak mempunyai properti yang bisa mempunyai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah.

Bagaiman banyak bangetkan manfaat dari cengkeh yang bisa kita dapatkan, gak nyangka ya hanya satu bahan herbal terdapat banyak manfaat.

Sumber :
Health Benefits of Cloves https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-cloves
Learn About the Health Benefits of Cloves https://www.verywellhealth.com/the-health-benefits-of-cloves-89050

0 Response to "Inilah 11 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel