Manfaat Daun Cincau dan Cara Pengolahannya

Cara.balbol.com - Daun cincau sangat memiliki banyak manfaat untuk kesetan kita, untuk mendapatkan daun cincai sangat mudah, tanaman ini biasanya tumbuh merambat.

Manfaat Daun Cincau dan Cara Pengolahannya
Manfaat Daun Cincau dan Cara Pengolahannya

Kata cincau berasal dari dialek Hokkian sienchau (xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Arti dari cincau menurut bahasa asalnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp) yang notabene menjadi bahan utama pembuatan jeli untuk minuman atau sirup.

Di Indonesia, ada dua jenis cincau. Yang pertama adala cincau hitam . Yang kedua adalah cincau hijau yang banyak diproduksi di Bandung, Jawa Barat. Di Bandung cincau hijau disebut juga camcau. Kini penjualan es camcau Bandung sudah menyebar ke mana-mana.

Di negara-negara maju, seperti di Jepang atau Korea, cincau diproduksi menjadi ekstrak bubuk siap pakai untuk membuat jeli sendiri di rumah. Namun ada pula yang dikemas kalengan yang siap ditambahkan dalam minuman atau dessert segar.
Lebih beruntung kita di Indonesia karena dengan mudah mendapatkan cincau segar di pasaran. Cincau memang tak berumur panjang, dalam 2-3 hari ia bisa mencair terlebih cincau hijau. Tapi, dalam teknologi pangan, usaha untuk membuat bubuk cincau kini banyak juga dilakukan oleh cendekiawan kita.

Cincau bagus untuk kesehatan karena memiliki efek penyejuk serta peluruh (diuretik). Cincau hitam dan cincau hijau walau berebeda warna, cita-rasa, bahan baku, dan cara pembuatan tapi sama-sama menyehatkan.

Manfaat daun cincau bagi kesehatan beserta cara penggunaannya


Obat radang lambung

Lambung adalah salah satu organ tubuh yang memproduksi asam lambung. Asam lambung yang diproduksi dalam lambung haruslah seimbang karena jika terjadi kelaianan dapat menimbulkan peradangan pada lambung. Peradangan pada lambung menimbulkan efek perih serta sakit. Untuk mengatasi masalah peradangan pada lambung tersebut, daun cincau bisa menjadi salah satu solusinya. Kandungan dalam daun cincau akan membunuh bakteri penyebab radang lambung dengan cara menguatkan otot lambung. Kandungan yang mampu mengatasi radang lambung dalam daun cincau adalah antioksidan serta vitamin C. Kedua senyawa tersebut terkandung dalam cincau dengan kadar cukup tinggi.

Bahan : Daun cincau secukupnya

Caranya : Cuci bersih daun cicau tersebut sampai benar-benar bersih supaya terbebas dari bakteri. Rebuslah daun cincau tersebut dengan air secukupnya sampai mendidih. Angkat, saring dan dinginkan. Minumlah air rebusan daun cincau tersebut secara teratur sehari 2 kali.

Menurunkan demam

Antioksidan dalam daun cincau juga menjadi senyawa yang akan menurunkan demam. Antioksidan ini akan membunuh virus atau bakteri penyebab demam serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain antioksidan tersebut, senyawa saponin dalam daun cincau juga membantu menurunkan penyakit demam.

Caranya : Ambilah daun cincau secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu, daun cincaun tersebut direbus sampai mendidih lalu angkat dan saring. Jika sudah dingin diminum sehari 2 kali secara rutin dan teratur hingga penyakit demamnya sembuh.

Obat diare

Diare adalah penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan yang diakibatkan oleh kuman yang terbawa makanan. Kuman-kuman tersebut menyerang sistem pencernaan sehingga menimbulkan penyakit diare. Penyakit diare ini menimbulkan lemas karena kekurangan cairan. Untuk itu cobalah atasi dengan ramuan daun cincau. Daun cincau ini mengandung alkaloid yang didalamnya terdapat vitamin B serta vitamin C yang akan membantu penyerapan sari makanan serta membunuh kuman penyebab penyakit diare.

Caranya : Rebuslah daun cincau secukupnya sampai benar-benar mendidih. Kemudian angkat, saring serta biarkan dingin. Minumlah air rebusan daun cincau tersebut secara teratur sehari 3 kali yaitu pada pagi, siang dan sore hari sampai penyakit diarenya sembuh.

Mengobati sakit tipes

Manfaat lain dari daun cincau adalah sebagai obat tradisional mujarab penyakit tipes. Daun cincau mempunyai kandungan fosfor, senyawa tokoferol serta antioksidan yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh makan bakteri atau kuman penyebab tipes akan musnah.

Caranya : Rebuslah daun cincau sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Jika sudah dingin air rebusan daun cincau tersebut diminum 3 kali sehari secara rutin sampai penyakit tipesnya sembuh.

Mencegah penyakit osteoporosis

Manfaat lain dari daun cincau adalah mencegah dari penyakit osteoporosis. Penyakit osteoporosis biasanya terjadi pada saat menginjak usia tua. Penyakit ini membuat tulang tidak lagi sekuat biasanya karena terjadi pengeroposan tulang. Agar tulang tetap sehat dan terhindar dari penyakit osteoporosis haruslah mencukupi asupan mineral yang cuckup seperti kalsium, zat besi, fosfor. Daun cincau memiliki semua mineral tersebut dengan kadar yang cukup tinggi sehingga mengonsumsi ramuan dari daun cincau mampu mencegah penyakit osteoporosis.

Caranya : Ambilah daun cincau secukupnya kemudian dicuci bersih. Setelah itu daun cincau tersebut direbus sampai mendidih. Angkat, saring dan minum secara rutin dan teratur.

Obat hipertensi

Manfaat selanjutnya dari daun cincau adalah sebagai obat tradisional penyakit hipertensi atau darah tinggi. Kandungan klorofil serta senyawa bisbenzilsokuinolin dalam daun cincau mampu menstabilkan kadar gula darah.

Caranya : Minumlah air rebusan daun cincau 2 kali sehari sebanyak 200 ml tiap kali minum.

Daun cincau selain bisa dibuat agar-agar atau dibuat es cincau maupun es campur juga bermanfaat bagi kesehatan. Daun cincau ini jika dimanfaatkan sebagai obat tradisional tidak mempunyai efek samping sehingga aman.

Itulah artikel tentang Manfaat Daun Cincau bagi kesehatan. Baca juga artikel lainnya tentang Manfaat Daun Seledri bagi kesehatan yang tidak kalah bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Daun Cincau dan Cara Pengolahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel