9 Manfaat Daun Kelor dan Cara Pengolahannya

Cara.Balbol.com - Daun kelor memiliki banyak sekali manfaat jika kita bisa mengolahnya dengan benar. Kelor merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrim. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan. Tanaman ini biasanya digunakan untuk menjadi pangan dan obat di Indonesia. Salin daunnya biji kelor juga dapat sebagai penjernih air skala kecil.

Cara pengolahan daun kelor
Manfaat Daun Kelor dan Cara Pengolahannya

Lalu apa saja manfaat dari daun kelor? Berikut ini manfaat dari daun kelor dan cara pengolahanya sehingga menjadi ramuan obat berguna.

9 Manfaat Daun Kelor dan Cara Pengolahannya


1. Untuk obat rabun mata

Gagang daun kelor dicuci bersih, haluskan dengan cara ditumbuk, lalu seduh dengan segelas air matang. Aduk sampai rata, kemudian saring. tambahkan satu sendok makan madu . aduk sebentar lalu minum sesaat sebelum ada tidur. Lakukan secara rutin.

Baca Juga : Cara Mengobati Mata Rabun Jauh

2. Membersihkan flek hitam pada wajah

Cuci bersih daun kelor segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. balurkan ramuan hal yang demikian pada zona wajah secara merata. Diamkan sekitar kurang lebih 20 menit, kemudian cuci bersih dengan air.

3. Mengobati sakit mata

3 gagang daun kelor dicuci kemudian ditumbuk halus. tambahkan satu gelas air panas, diamkan sebagian saat sampai hampas mengendap. Saring air seduhan, lalu gunakan sebagai obat tetes mata dalam situasi dingin.

4. Melancarkan membuang air kecil

Bagi anda yang mengalami sulit membuang air kecil, silahkan coba ramuan dibawah ini:
Ekstrak daun kelor, saru buah mentimun/wortel, ditambahkan kedalam 1 gelas air, minum ramuan hal yang demikian tiap hari secara rutin.

5. Menuntaskan luka yang sudah bernanah, kurap, dan bernanah.

Gagang daun kelor sebanyak 7 buah dicuci bersih lalu tumbuk sampai halus. tempelkan ramuan tersbut pada bagian kulit yang sudah bernanah.

6. Membantu menghancurkan batu ginjal

Daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menghancurkan batu ginjal. Caranya cukup gampang, ialah dengan mengolah daun kelor menjadi sayur, lalu dikonsumsi secara rutin selama satu bulan.

7. Menuntaskan nyeri dan pegal linu serta rhematik

3 gagang daun kelor dan kapur sirih ½ sdm dicampur, lalu tumbuk sampai halus. gunakan ramuan sebagai obat gosok. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

8. Obat tradisional untuk mengobati cacingan

Bahan ramuan yang diperlukan antara lain: 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 2 batang meniran. Cuci bersih segala bahan, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Angkat dan tiriskan. Saring air rebusan lalu minum secara rutin tiap hari.

9. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi wanita hamil

kandungan nutrisi dalam daun kelor cukup komplit dengan kadar tinggi, sehingga daun kelor dapat dipakai sebagai salah satu opsi pemenuhan nutrisi bagi para wanita hamil. baca selengkapnya pada tulisan berikut: manfaat daun kelor bagi wanita hamil.

Selain yang sudah disebutkan diatas, tentunya masih banyak manfaat daun kelor dan cara pengolahannya yang dapat anda peroleh.

Sumber :
Kelor https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kelor
Moringa Benefits Hormonal Balance, Digestion, Mood & More https://draxe.com/moringa-benefits/
What is Moringa & What are Moringa Benefits? http://www.superlife.com/what-is-moringa/

0 Response to "9 Manfaat Daun Kelor dan Cara Pengolahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel