Cara Menyembunyikan Chats Whatsapp di Android dengan Aman

By | Oktober 1, 2019

Cara Menyembunyikan Chats Whatsapp di Android dengan Aman

WhatsApp saat ini merupakan aplikasi smartphone perpesanan atau chat yang paling banyak digunakan dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif yang mudah digunakan dan tentunya gratis. Untuk privasi, pengguna mungkin ingin menyembunyikan obrolan atau percakapan tertentu tetapi tidak ingin menghapusnya.

Aplikasi WhatsApp sekarang memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan obrolan atau chat di WhatsApp. Pada artikel kali ini, saya akan membagikan langkah-langkah untuk menyembunyikan pesan chat di Android, iOS dan Windows phone. Setelah obrolan disembunyikan, Anda juga dapat menampilkan kembali obrolan yang tersembunyi ketika Anda menginginkannya. Disini saya juga akan membagikan panduan untuk mengembalikan obrolan yang disembunyikan.

Selain itu, jika Anda ingin mengunci WhatsApp sepenuhnya dengan kata sandi, bukan hanya menyembunyikan obrolan tertentu, maka saya juga telah membagikan aplikasi tertentu yang berguna untuk mengunci aplikasi. Tergantung pada smartphone Anda sebagai Android atau iPhone (jailbreak atau tidak) aplikasi yang Anda perlukan akan berbeda.

SEMBUNYIKAN OBROLAN DI WHATSAPP

Sembunyikan percakapan WhatsApp dengan bantuan fitur yang digunakan untuk mengarsipkan obrolan. Untuk mengarsipkan obrolan, ikuti panduan dibawah ini tergantung pada OS yang digunakan oleh smartphone Anda.

CARA MENYEMBUNYIKAN PESAN CHAT WHATSAPP DI IPHONE

  1. Buka aplikasi “WhatsApp” Anda
  2. Di layar obrolan geser ke kiri untuk kontak yang obrolannya ingin Anda sembunyikan
  3. Pilih “Arsip”
  4. Sembunyikan pesan whatsapp

Ketika Anda memilih Arsipkan percakapan dari kontak atau grup yang Anda pilih, maka akan dihapus atau disembunyikan dari layar obrolan utama yang muncul ketika Anda membuka WhatsApp.
Percakapan yang Anda arsipkan dipindahkan ke folder Obrolan yang Diarsipkan yang dapat dilihat dengan menggeser ke atas di layar obrolan utama tempat obrolan semua kontak terdaftar.
Anda juga dapat menyembunyikan obrolan grup dengan mengikuti prosedur serupa untuk grup Anda di WhatsApp. Untuk melihat obrolan yang Anda sembunyikan atau arsipkan pilih Obrolan Diarsipkan dan Anda akan dapat melihat obrolan dari kontak atau grup yang Anda sembunyikan.
Sembunyikan pesan whatsapp 2

Anda juga dapat mengarsipkan / menyembunyikan semua obrolan dengan masuk ke Pengaturan → Obrolan dan memilih Arsipkan Semua Obrolan.

MEMUNCULKAN CHAT YANG DISEMBUNYIKAN – UNDO ARCHIVE IN IPHONE

Geser ke atas pada layar obrolan utama tempat semua obrolan terdaftar. Pilih “Arsipkan” Obrolan. Di sini obrolan yang diarsipkan / disembunyikan terdaftar.
Geser ke kiri pada obrolan kontak yang ingin Anda tampilkan kembali di layar obrolan utama.
Pilih “Batalkan Pengarsipan”.
Sembunyikan pesan whatsapp 3

Obrolan kontak yang Anda batalkan arsip akan mulai muncul di layar obrolan utama dan tidak akan lagi disembunyikan.

CARA MENYEMBUNYIKAN OBROLAN WHATSAPP DI ANDROID

Prosedurnya kurang lebih sama untuk Android dan Windows phone untuk menyembunyikan obrolan di WhatsApp dengan perbedaan opsi yang ada di tempat yang sedikit berbeda.

Misalnya, di Android, Anda perlu menekan lama pada kontak obrolan untuk mendapatkan opsi Arsip (ditandai dengan Merah) daripada menggeser layar ke kiri seperti dalam kasus iPhone.

MEMUNCULKAN OBROLAN WHATSAPP DI ANDROID

Gulir ke bagian bawah layar obrolan WhatsApp di mana semua percakapan ditampilkan. Pilih “Arsipkan Obrolan”.
Sembunyikan pesan whatsapp 5

Semua obrolan yang diarsipkan akan ditampilkan. Tekan lama pada kontak percakapan yang ingin Anda batalkan pengarsipan dan pilih ikon “Batalkan pengarsipan” di bagian atas (kedua dari kanan) seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Sembunyikan pesan whatsapp 6

Setelah ini, obrolan akan ditampilkan lagi di layar utama bersama dengan obrolan lainnya.
Anda juga dapat mengarsipkan banyak kontak sekaligus.

ARSIPKAN BEBERAPA OBROLAN SEKALIGUS DI WHATSAPP
UNTUK IPHONE / IPAD

  1. Buka WhatsApp dan klik Edit di kiri atas pada layar di mana semua percakapan muncul.
  2. Pilih beberapa obrolan yang ingin Anda sembunyikan / arsipkan.
  3. Setelah memilih obrolan yang diinginkan, ketuk pada Arsip di kiri bawah.

UNTUK ANDROID

Buka WhatsApp dan tekan kontak agak lama.
Pilih kontak yang ingin Anda sembunyikan dan pilih ikon Arsip.
Dengan ini, Anda telah mengarsipkan banyak obrolan sekaligus.

Catatan: Obrolan yang diarsipkan akan dipindahkan ke layar obrolan utama segera setelah pesan diterima dari grup atau kontak itu dan hal yang sama terjadi ketika Anda mengirim pesan ke grup atau terdapat chat yang masuk menghubungi Anda pada kontak yang telah di arsipkan atau disembunyikan, membuat obrolan tidak lagi tersembunyi atau akan muncul kembali.

Jadi, jika Anda ingin menghindari pembatasan metode di atas tersebut atau jika Anda ingin mengunci WhatsApp sendiri daripada menyembunyikan obrolan secara individual, ikuti cara di bawah ini.

APLIKASI UNTUK MENGUNCI WHATSAPP ANDROID

Anda dapat menggunakan aplikasi “Messenger and Chat Lock” yang tersedia di Play Store secara gratis untuk mengunci WhatsApp. Berikut cara menggunakannya.

Pertama-tama, Anda perlu mengatur kode sandi yang akan digunakan sebagai kode sandi untuk aplikasi untuk membukanya.
Setelah Anda mengatur kata sandi, layar akan muncul tempat Anda dapat mengunci aplikasi yang Anda inginkan. Semua aplikasi tidak terkunci secara default.
Alihkan tombol ke ON untuk WhatsApp seperti yang ditunjukkan.

Setelah Anda melakukan ini, ketika Anda membuka WhatsApp, ia akan meminta kata sandi.

IPHONE

Sayangnya, tidak ada cara langsung untuk mengunci WhatsApp di iPhone. Yang mengatakan, Anda selalu dapat menggunakan solusi yang mirip dengan apa yang disediakan oleh aplikasi berikut bernama “Password for WhatsApp Message”. Ini akan membuat salinan pesan, foto & video WhatsApp Anda dan kemudian menguncinya dengan kata sandi. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dari App Store dengan harga $0,99.

IPHONE JAILBREAK

Jika Anda memiliki iPhone yang sudah di-jailbreak maka Anda beruntung. Ada tweak “ConvoProtect” yang tersedia di Cydia store dengan harga $2. Tweak ini hanya apa yang perlu Anda gunakan untuk melindungi obrolan Anda dari orang lain yang membacanya.

KESIMPULAN

Semoga cara ini memungkinkan Anda untuk menyembunyikan obrolan chat pesan WhatsApp atau mengunci semuanya bersama di Android atau iPhone. Jika Anda tahu tentang aplikasi yang lebih baik untuk Android atau aplikasi gratis apa pun untuk mengunci obrolan WhatsApp di iPhone, silakan bagikan melalui bagian komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *